Kamis, 16 Februari 2017

Mutasi Kendaraan Roda Dua dari Bandung Ke Ciputat [Bagian 1]

06 Februari 2017

Bulan April 2017, si Nouvo pajak 5 tahunan habis dan masih atas nama orang lain di Bandung.

Motor saya Plat D, sekarang posisi motor di Tangerang Selatan.

Berkenaan dengan hal diatas, supaya sekalian, saya mau urus balik nama dari Bandung Ke Samsat Ciputat jadi nama saya sendiri.

Untuk cabut berkas saya percayakan ke biro jasa di Bandung. 

Setelah telpon di info kan bahwa dokumen yang di butuhkan(nanti nya dikirim via JNE) adalah;

  1. STNK asli
  2. BPKB asli
  3. Kwitansi Jual Beli (bisa di buat sendiri)
  4. Fotokopi KTP pemilik baru
  5. Cek Fisik Bantuan (bisa di lakukan di samsat terdekat)
Dokumen nomor 1-4 mudah, nahh yang belum adalah Cek fisik bantuan.

------------------------------
06 Februari 2017, jam 6.30an 
Saya meluncur ke samsat ciputat. (hasil dari googling ada blog yang info kalau samsat Ciputat beroperasi jam 7 pagi). Ehh sampe lokasi masih sepi, langsung menuju ke bagian belakang kantor Samsat Ciputat.

Fotokopi saja masih tutup, okelah duduk dulu sambil liat-liat.
Ternyata jam buka Samsat Ciputat adalah jam 8 pagi, jadwal bukanya saya fotokan di bawah;



Baca-baca skema cek fisik.





Nahh ini pengetahuan baru saya. pokoknya walaupun ga ada petugas, agan parkir aja motor di kotak-kotak yang tersedia, parkir motor dengan standar 2, paling depan. Karena kotak - kotak tersebut semacam antrian. Motor paling depan di layani duluan.

Karena saya hanya cek fisik bantuan, dokumen yang di perlukan hanya STNK asli.

Info; untuk Cek fisik 5 tahunan atau mutasi masuk
Dokumen yang di butuhkan;
1. STNK asli & copy
2. Copy BPKB
3. KTP copy
4  Map Kuning utk motor dan merah untuk mobil

Dokumen tumpuk saja di meja di gambar bawah.


Tips dari saya, bagusnya agan bawa map kuning untuk motor dan map merah utk mobil, dan STNK asli agan di staples aja ke map itu, supaya tidak tercecer saat di tumpuk di meja. Untuk saya karena tidak tahu, saya tumpuk saja STNK asli saya, tapi jadinya was-was dan saya mesti perhatikan terus, ga bisa duduk manis, supaya STNK yang lembar kecil itu tidak tercecer.

Jam 8.00 

Petugas di meja, akan melayani satu persatu sesuai tumpukan dokumen, dokumen yang agan serahkan tadi, dokumen yang ada akan di tambah dengan form cek fisik oleh petugas, di staples dan nama yang tertera di STNK akan dipanggil untuk menaruh dokumen tersebut di atas motor/mobil anda. 

Tunggu petugas cek fisik utk menggesek nomor rangka dan mesin. 

Form tersebut akan di kumpulkan oleh petugas cek fisik ke loket diatas, jadi kita tidak perlu membawa sendiri ke loket di posisi atas.

Jam 8.20
Petugas cek fisik selesai gesek nomor rangka dan mesin.

Lanjut
Duduk manis di depan loket atas. tunggu panggilan.

10 menit menunggu, nama di STNK motor saya di panggil.

Yang lucu untuk hari ini, tidak seperti yang pernah saya alami dulu, nama dipanggil saya di suruh masuk kedalam???. Masuk dan belok kekanan di balik lemari, disambut oleh bapak-bapak petugas berbatik, ditanya untuk keperluan apa, saya jawab Cabut berkas di bandung, beliau langsung bilang oke tiga puluh ribu. Hooooo tumben bayar. Okelah karena buru-buru mau kerja saya bayar saja. 

Tumben sekali Samsat Ciputat ada penagihan uang tanpa bukti bayar seperti ini.

Jam 8.30 Urusan tahap 1 di Samsat Ciputat selesai

Hasil


Biaya: Rp.30.000,- (tanpa tanda terima)

Sipp dokumen siap dikirim ke Biro Jasa di Bandung, akan di update lagi kemudian.
--------------------------------
[Bagian 1]
[Bagian 2]
[Bagian 3]

5 komentar:

  1. Bisa bagi kontak biro jasa yg dibandung gan? Soalnya ane mau mutasi juga dr bandung kejakarta

    BalasHapus
  2. ada di postingan yang ini gan https://www.27augusta.com/2014/05/bayar-pajak-kendaraan-bandung-dari.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biayadr biro jasa di Bandung nya brp bang? Dan brp lama

      Hapus
  3. Bang minta kontak biro jasa Bandung bang? Soalnya saya mau mutasi dari Bandung ke kota Tangerang bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. biro jasa bouche gan, ada instagram nya juga saya cek

      Hapus

Label

Do it Yourself (42) Sepeda (33) Motorcycle (30) soluna (30) GoPro (28) Roda4 (23) Jual (20) Travelling (19) nouvo (19) jupiter (17) Jasa (11) office (11) mutasi (10) Engineering (8) King (8) balap (7) gokart (6) racing (6) vw (6) Dad (5) pompa (5) roadrace (5) Centrifugal Pump (4) Motor (4) roadbike (4) tamiya (4) indoprix (3) karting (3) mp4 (3) mp5 (3) strava (3) yamaha (3) Atoz (2) Dinamo (2) PC (2) balap motor (2) championship (2) crank (2) cycling (2) kart (2) laptop (2) motogp (2) politik (2) qatar (2) rider (2) sentul (2) shimano (2) windows (2) 105 (1) 5tp (1) API 610 (1) API 610. API 682 (1) Atomic Tuned (1) BRT (1) Caterpillar (1) Chassis (1) Continuous (1) Control Station (1) Cummins (1) Diesel Engine (1) Engine (1) Ergonomis (1) HFE (1) HMI (1) HT2 (1) Human Factor Engineering (1) Hyperdash (1) IEC (1) ISO 8528 (1) Light Dash (1) MS (1) MTU (1) Mini4WD (1) NFPA 20 (1) OSHA (1) Prime (1) RD (1) RPM (1) STO (1) Side Damper (1) Super 2 (1) Super FM (1) Super II (1) Tinggi (1) Torque Tuned (1) VFD (1) air (1) aki (1) arab (1) avg (1) avometer (1) balance bike (1) ban bocor (1) ban sepeda (1) bapak2 (1) berat badan (1) bersepeda (1) best time (1) bike (1) bmi (1) bobot (1) claris (1) couples (1) curve (1) dBA (1) deli (1) deli-tire (1) delitire (1) deore (1) derawan (1) dive (1) diy (1) duraace (1) effort (1) egypt (1) elektrik motor (1) fast (1) fire (1) firepump (1) friend (1) geography (1) gram (1) grand fondo (1) grandfondo (1) gravel (1) gravel bike (1) happy (1) hearth (1) height (1) heist (1) hollow (1) hope (1) hubungan antar negara (1) ilmu korek (1) indonesia (1) instalasi (1) irag (1) iran (1) jogja (1) kakabhan (1) kalimantan (1) kebisingan (1) kecepatan (1) kenda (1) lap time (1) long cage (1) lose (1) love (1) luas air (1) luas tanah (1) maratua (1) material (1) mekanik (1) michelin (1) middle east (1) mio (1) mobil (1) modifikasi (1) motorbalap (1) mp3 (1) mtb (1) multimeter (1) muslim (1) nanjak (1) negara (1) negara paling besar (1) noise (1) oil (1) oil&gas (1) optimal (1) pemilihan (1) performance (1) pitstop (1) point tertinggi (1) polished (1) polygon (1) porting (1) ppe (1) pressure (1) racer (1) ram (1) rear deralier (1) resort (1) result. (1) rotating (1) rotating engineer (1) rumah (1) safety (1) sanwa (1) schwalbe (1) seleksi material (1) self reflecting (1) self talk (1) sentul circuit (1) setting (1) shock (1) shockbreaker (1) short cage (1) snorkle (1) sokbreaker (1) sound (1) speed (1) sponsor (1) sport (1) sram (1) standing (1) steel (1) strider (1) tambal (1) tambal ban (1) tempat jadian (1) tidak merusak ban (1) time (1) tiptop (1) tire (1) travel buddies (1) tuning (1) ultegra (1) velg sepeda (1) visit (1) weight (1) win (1) window (1) winner (1) worry (1)